Menu Close

Penyelenggaraan Kompetisi Nasional Temu Ilmiah Nasional (TEMILNAS) 2019

TEMILNAS atau Temu Ilmiah Nasional, adalah kegiatan keilmiahan tingkat nasional yang diadakan setiap tahunnya oleh Badan Analisis dan Penelitian Nasional Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia (BAPIN ISMKI). Pada tahun 2019, Universitas Sebelas Maret dipercaya menjadi tuan rumah dan penyelenggara kegiatan tersebut tepatnya pada 29 Agustus-1 September 2019 dengan tema “Current Update on Common Dermatovenerological Disease”. TEMILNAS memiliki tiga agenda utama, diantaranya kompetisi keilmiahan tingkat nasional bagi mahasiswa kedokteran, simposium nasional, dan pertemuan lembaga ilmiah fakultas kedokteran seluruh Indonesia.

Kompetisi keilmiahan TEMILNAS 2019 terdiri atas 5 cabang lomba, yakni Esai Ilmiah, Poster Publik, Video Edukasi, Penelitian Multi Center (PMC), dan Literature Review. Kompetisi dilakukan dengan mengirim karya tersebut dalam batas waktu yang telah ditentukan sebelumnya, yang selanjutnya diseleksi menjadi 10 karya terbaik untuk menjadi finalis dan diberi kesempatan mempresentasikan hasil karyanya secara langsung di depan juri. Tiga karya terbaik akan menjadi juara. Pada tanggal 29 Agustus 2019, dilaksanakan Technical Meeting dan Grand Opening TEMILNAS 2019 di hotel Lor In Syariah, Surakarta. Presentasi finalis dilaksanakan pada 30 Agustus 2019 di Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Simposium Nasional diadakan dengan tema sesuai TEMILNAS 2019, yakni  Current Update on Common Dermatovenerological Disease pada tanggal 31 Agustus 2019 pukul 07.00 WIB-selesai di Hotel Lor In D’Wangsa, Surakarta. Simposium diselenggarakan untuk mahasiswa preklinik, dokter umum, dokter spesialis, dan masyarakat umum. Terdapat 3 sesi pada simposium TEMILNAS 2019 yang senilai 4 SKP IDI, adapun topik dan pembicara sebagai berikut :

Sesi I : Turning The Tide on HPV

1. Biothics and Medicolegal Aspect in Dermatovenerology
Adji Suwandono, dr., S.H., Sp.F
2. Toward Human Papillomavirus : What do we need to know ?
Endra Yustin Ellistasari, dr., M.Sc., Sp.KK
3. HPV Associated Cancer : Wahat is your diagnosis ? Stump the expert!
Dr. Satiti Retno Pudjianti, dr., Sp.KK(K)
4. Towards HPV Elimination : Treatment, prevention, and new challenges
Dr. Prasetyadi Mawardi, dr., Sp.KK(K), FINSDV, FAADV

Sesi II : Acnes in Tropical Country

1. Acne : Yesterday, nowadays, and tomorrow
Arie Kusumawardani, dr., Sp.KK
2. Neuropsychology : Interaction between mind and acne
Dwi Retno Adi Winarni, dr., Sp.KK(K)
3. Explore The Latest Advance Treatment for Acne
Dr. Moerbono Moechtar, dr., Sp.KK(K), FINSDV, FAADV

Sesi III : Atopic Dermatitis in 21st Century

1. New Insight of Atopic Dermatitis
Muh. Eko Irawanto, dr., Sp.KK, FINSDV
2. Immunomodulator of Atipic Dermatitis : The targets and mechanisms
Suci Widhiati, dr., M.Sc., Sp.KK
3. Updates in Management of Atopic Dermatitis Therapy (Non Immunomodultaor)
Prof. Dr. Harijono Kariosentono, dr., Sp.KK(K), FINSDV, FAADV

Kegiatan penutupan TEMILNAS 2019 dilaksanakan pada 31 Agustus 2019 di Hotel Lor In Syariah, Surakarta. Penutupan diisi dengan sambutan-sambutan dari pihak stakeholder dan panitia penyelenggara, penampilan seni, dan pengumuman juara kompetisi keilmiahan TEMILNAS 2019. Selanjutnya, pada 1 September 2019, dilaksankan kegiatan City Tour daerah Surakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *